Dua tahun silam, ketika saya diberangkat KNPI Magetan diacara JPID Jatim 2015 bersama perwakilan PPMI se-Jatim di Yonkav Tang 08 Beji Pasuruan, dalam sesi seresehan di Aula Yonkav dengan tema "Menjauhui Narkoba" yang diisi langsung oleh salah satu komandan Yonkav Tang 08.

Pada saat itu yang sampaikan dalam seresehan adalah, kita sebagai pemuda harus menjauhi penguna narkoba, biar kita tidak terjerumus dan memakai narkoba, dalam sesi seresahan narasumber menjelaskan bahaya narkoba dan dampaknya keseluruh audien yang ada di aula, kalau nggak salah acara slsai sampai jam 10 malam.

Ketika selesai acara saya dan kawan- kawan perwakilan dari Magetan dan seluruh Jatim kembali ke camp yang ada di lapangan yonkav, ketika waktunya tidur kawan-kawan perwakilan dari KNPI seluruhnya mengadakan diskusi di pinggir camp, membahas tentang tema acara seresahan yang menurut kawan-kawan yang tidak pas tema-nya, salah satu cetukan kawan perwakilan dari Tuban " kita itu bukan menjauhi, tapi mendekati mereka.

Point yang saya ambil dari celutukan kawan dari Tuban adalah, bukan saatnya kita menjauhi penguna narkoba, tapi kita merangkul mereka untuk kembali kejalan yang benar, bukan lagi kita menjauhi tapi merangkul mereka, mungkin bagi adik-adik dari PPMI memang masih dalam tahap menjauhi, tapi bagi kita bukan lagi menjauhi tapi mendekati.

‌*Kenapa kita harus mendekati penguna narkoba*

Mendekati mereka bukan sebuah kesalahan yang besar, jika kita mempunyai tujuan yang baik maka akan menjadi kebaikan, mendekati mereka, merangkul mereka untuk menjauhi dari dunia hitam adalah perbuatan yang sangat mulia.

Bagi saya mendekati mereka adalah wajib, mendekati dengan cara mengikuti alur mereka, dan memberikan pemasukan sedikit, terkadang mengikuti mereka juga harus mengikuti mereka, ada kata-kata "jika kita menolong orang tengelam di sungai kita akan basah untuk menolongnya".

Kemungkinan besar kita juga akan masuk diperangkap mereka atau mengikuti dunia mereka, tapi kalau tidak mengikuti alur mereka, kita sendiri tidak akan bisa menyelamatkan mereka dari dunia hitam atau dari kecenderungan narkoba.

Ada cerita dari dari kawan dari Tuban, dia menyelamatkan anak punk yang liar dan moralnya rusak yang diakembalikan menjadi anak yang moralnya baik, dia sampai mengikuti alurnya terjerumus narkoba demi menyelamatkan mereka, bahkan setiap jumat pagi anak-anak punk mengadakan kegiatan baksos di pasar-pasar, bahkan mereka tidak menyeruh anak-anak punk untuk berbaju formal, dari kutipan cerita diatas, haruskah menjauhi mereka yang kecaduan narkoba?

‌*Kenapa kita harus menjauhi penguna narkoba"

Memang wajib kita harus menjauhi penguna narkoba, kalau kita masih penasaran dengan narkoba, dan kita masih mempunyai rasa ingin tau dengan narkoba, narkoba sangat membunuh kita, narkoba adalah candu bagi pengunanya.

Bagi adik-adik yang masih labil sangat riskan jika dia mendekati narkoba, karena dia sangat penasaran dengan narkoba maka dia akan terjerumus untuk memakainya, ketika dia sampai memakai jenis narkoba apapun, maka dia akan kecanduan dan akan merusak masa depan mereka.
                                         ****
Dari tulisan diatas, maka menjauhi narkoba wajib bagi adik-adik yang belum siap, tapi bagi mereka yang sudah dewasa untuk menyikapi bahaya narkoba, mendekati mereka penguna narkoba adalah wajib untuk menyelamatkan mereka. Terima kasih semoga bermanfaat tulisan ini

Post a Comment