Sebuah kata "AKU" yang mengakibatkan menjadi penyesalan yang sangat
dalam.ku kutip dari kultwit habib @ifalatas,dalam twitnya yang
menceritakan penyeselan iblis,yang sombong.
Ini sebuah kultwit dari habib @ifalatas.
Yusuf bercerita pada ayahnya, tentang mimpi sang surya, bulan dan
bintang. Sang ayah terkejut dan bimbang seketika. #aku
Kebimbangan sang ayah bukan karena mimpi yg dilihat Yusuf. Ia bimbang
karena Yusuf menggunakan kata #aku (inni ra'aytu, aku melihat)

Read More............


Setelah engkau gunakan kata #aku, maka derita dan nestapa kan
menyelimuti keluargaku
Dahulu para malaikat menggunakan kata 'kami'. Dan 700.000 dari mereka
dihukum dan dibakar. Sisanya memohon ampun pd-Nya. #aku
Maka Yang Kuasa berfirman: jgn sekali2 kalian gunakan kata 'kami' di
bumi dan di langit. Tak ada 'kami' selain Dia. #aku
dahulu Qarun kerap berkata 'milikku' ('indi), dan akibatnya dia mati
tersungkur, terkubur bersama harta yg tak lagi meghidupkan. #aku
Dahulu Iblis gunakan kata #aku (ana) saat menatap Adam. Seketika pupus
amal ibadahnya selama 700.000 tahun dan terkutuklah dia
Firaun gunakan kata 'milikku' (li). Bukankah tanah Mesir dan sungai
Nil milikku?  #aku
Saat tenggelam di laut merah, di antara hidup dan mati, Firaun sadar
bahwa dosa terbesarnya adalah mengucap kata tsbt. #aku
Kini si kecil Yusuf, mengadu pada ayahnya ttg mimpinya. Aku melihat..
Inni ra'aytu. Yusuf, mengapa kau ucapkan kata itu.. #aku
Tetapi Tuhanmu masih mengasihimu, hukumanmu akan kau lalui dgn sabar.
Ringan dibanding hukuman Iblis, Firaun, dan Qarun. #aku
Dahulu ada seorang dari bani israel bermimpi bahwa Tuhan kan
mengabulkan tiga permintaannya. #aku
Ketika terjaga, ia berkonsultasi dgn istrinya. Langsung saja sang
istri berkata: permintaan pertama agar #aku menjadi perempuan
tercantik
Permintaan dikabulkan Tuhan. Sang istri menjadi perempuan tercantik.
Raja pun melirik. Sang raja paksa suami tuk ceraikan sang istri. #aku
Sang suami bahkan diancam oleh sang raja. Dan dengab berat hati, ia
harus melepas sang istri ke pelukan penguasa. #aku
Sang suami merasa dipecundangi. Ia marah dan cemburu. Ia memohon pd
Tuhan agar sang istri diubah menjadi seekor anjing. #aku
Maka terkabullah permintaan kedua. Sang istri menjadi seekor anjing.
Tak lg miliki tempat di istana, ia berlari kembali pd sang suami. #aku
Si anjing pun menebus kesalahannya dan menjadi anjing yg sgt setia pd
sang suami. Lama kelamaan, sang suami-pun iba memandangnya. #aku
Ia pun memohon kepada Tuhan permohonan terakhirnya. Tuhan, kembalikan
istriku seperti sedia kala. #aku
Si anjing pun kembali sedia kala. 3 permintaan telah dikabulkan namun
tak ada yg berubah dari kehidupan mereka. #aku
Yg ada justru #aku dan rasa keakuan (ananiyyah) yg hampir saja menggelincirkan.
Di pinggir kota Marv, ada seorang zahid (ascetic) yg hidup sebatang
kara di atas bukit. Menjauhi dunia tuk menghadap Yang Kuasa. #aku
Setiap siang dilalui dgn puasa. Setiap malam dihabiskan tuk mendekat
pd-Nya. Ia habiskan hidup selama 60thn tuk beribadah. #aku
Suatu hari, saat ia keluar dari rumahnya tuk berwudlu, Iblis kebetulan
lewat di daerah itu. Terciumlah aroma kesucian di hidungnya. #aku
Iblis pun terkejut. Aroma kesucian mengingatkannya pd ibadahnya,
sebelum ia dilaknat dan dibuang dari kehadirat-Nya. #aku
Kerinduan iblis membawanya masuk ke rumah sang zahid. Ia bersimpuh di
tempat sang zahid beribadah dan menyentuh tasbihnya. #aku
Iblis mulai menangis. Ia luapkan segala derita dan keluh kesah
kerinduannya. #aku
Dalam erangannya Iblis berkata: Tuhan, kau lukai aku dengan panah
perpisahan yang menusuk seketika tanpa diasangka. #aku
Engkau panah aku saat ku tak melihat, dan hancurlan segala keindahanku. #aku
Maka kini di saat aku papa, di saat perpisahan telah membawa kegelapan
di wajahku, tolonglah aku. #aku
Hanya pertemuan dan kedekatan dengan-Mu yg mampu mengobati keadaan ini. #aku
Di saat yg sama, sang Zahid kembali ke rumahnya. Dia melihat pintu
rumahnya tertutup dan dipikir salah satu muridnya telah tiba. #aku
Sang Zahid pun mengetuk pintu rumahnya. Di dalam Iblis bertanya,
"siapa yang mengetuk?" Sang Zahid menjawab "#aku"
Mendengar jawaban Sang Zahid, Iblis menangis.  Ia bertanya lg. "siapa
yang mengetuk?" Sang Zahid menjawab kembali "#aku"
Panasnya api perpisahan semakin membakar Iblis. Dibukanya pintu dan
ditatapnya wajah sang zahid yg dibasahi tetesan air wudlu. #aku
Dengarlah kata2ky, ujar Iblis. Jangan pernah ucapkan kata #aku jika
engkau tak ingin menjadi seperti diriku
Aku telah hidup berzuhud melebihimu. Engkau berzuhud 60 thn, aku telah
berzuhud dan mendekat pd-Nya selama 700.000 thn. #aku
Dan suatu ketika aku berkata #aku seperti yg tadi kau ucapkan. Dan
kini lihatlah apa yg terjadi padaku!
Jangan sekali-kali ucapkan #aku , jika engkau tak ingin senasib denganku
Iblis pun pergi dari hadapan sang zahid. Pergi membawa penyesalan
mendalam akibat perpisahan dengan-Nya. #aku
Kawan, jika engkau sungguh cinta, betapa mungkin dirimu masih ada?
Bagi sang pecinta yang ada hanya kekasihnya. #aku
#aku adalah dosa terbesar para pecinta. Ketika ada #aku maka engkau
telah ikrarkan perpisahan.
Semoga saja amal, perbuatan, dan ibadah kt tidak justru meguatkan
ke-#aku-an kita
Jgn sampai ibadah kt justru menjadikan kt sombong, merasa paling benar
dan paling suci dibanding org lain. #aku
Jika mau tanding ibadah, tdk ada yg bisa tandingi Iblis. Tp akhirnya
dia sengsara hanya karena merasa sok suci dan sok mulia. #Aku
Semoga Tuhan melidungi kita dari sifat ananiyyah, sok mulia, sok
relijius, sok suci, merasa lebih, dan lain sebagainya. #aku
Cukuplah Iblis, Firaun, Qarun, dan Nabi Yusuf sebagai panduan dan
pelajaran bagi kita. Wallahu a'lam. #aku


Sumber : @ifalatas

Post a Comment